Teks Eksemplum

Teks Eksemplum –  Teks cerita yang menceritakan tentang perilaku atau tokoh dari sebuah cerita.

Apa yang dimaksud dengan teks eksemplum ?

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengenai pengertian teks eksemplum. Berikut penjelasannya :

Teks Eksemplum

Pengertian Teks Eksemplum

Teks eksemplum adalah teks cerita yang menceritakan tentang perilaku atau tokoh dari sebuah cerita. Dalam cerita tersebut diawali dari pengenalan tokoh hingga menceritakan peristiwa apa saja yang dilakukan dan diakhiri dengan interpretasi dari dalam diri tokoh tersebut.

Jadi, perbedaan  dalam teks eksemplum berisi kejadian yang menjelaskan apa saja yang dilakukan tokoh tertentu. Dalam teks eksemplum terdapat kejadian yang tak diinginkan atau tak diduga oleh tokoh yang dicerita.

Ciri-Ciri Teks Eksemplum

  • Berisikan kejadian yang tak terduga atau tak diinginkan.
  • Bercerita tentang kejadian yang jarang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Peristiwa yang terjadi menimbulkan penyesalan bagi tokoh.
  • Berisi amanat atau nilai yang disarankan pada pendengar/pembacanya.
  • Dalam bacaan menampilkan diri penulis/pengarang dalam menjelaskan juga koda.
  • Mempunyai struktur yang lengkap.
  • Mempunyai urutan kejadian yang jelas dan juga mudah dipahami.
  • Bahasa yang dipakai bersifat naratif atau menguraikan sebuah kejadian.
  • Unsur bahasa yang digunakan di antaranya yaitu kata kerja, konjungsi, kalimat kompleks, dan referensi.

Karakteristik Teks Eksemplum

  • Peristiwa yang diceritakan adalah kejadian yang tidak diinginkan.
  • Peristiwa yang diceritakan adalah peristiwa yang tidak sering terjadi di dalam kehidupan nyata.
  • Peristiwa yang diceritakan adalah kejadian yang menimbulkan penyesalan bagi partisipan.
  • Peristiwa yang diceritakan di dalamnya mengandung nilai-nilai yang dapat disarankan untuk para pembaca atau pendengar.
  • Bacaan dalam teks eksemplum, menghadirkan diri penulis dalam menginterpretasi dan koda.

Struktur Teks Eksemplum

Strukturnya sebagai berikut :

  • Orientasi

Orientasi adalah sebuah bagian pembuka atau awal teks dalam membuat teks eksemplum. Bagian orientasi ini biasanya berisi mengenai pengenalan kejadian dan tokoh.

  • Insiden

Insiden adalah sebuah bagian yang di dalamnya itu terkandung sebuah permasalahan yang dihadapi oleh si tokoh.

  • Interpretasi

Interprestasi adalah sebuah bagian yang di dalamnya terdapat pesan moral, evaluasi, serta juga akibat dari segala masalah yang dialami oleh si tokoh.

Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum

  • Kalimat yang dipakai adalah kalimat kompleks.
  • Memakai verba (kata kerja)
  • Memakai kata rujukan.
  • Memakai konjungsi (kata hubung)

Jenis – Jenis Teks Eksemplum

Ada dua jenis, yaitu teks eksemplum fiksi dan nonfiksi.

Teks Eksemplum Fiksi

Teks Eksemplum Fiksi adalah jenis teks eksemplum yang bersumber pada cerita rakyat, fabel maupun legenda yang sifatnya rekaan dan belum tentu benar terjadi. Akan tetapi, masyarakat tradisional masih meyakini kebenarannya.

Eksemplum Nonfiksi

Pengertian Teks Eksemplum Nonfiksi adalah jenis teks eksemplum yang bercerita mengenai pengalaman hidup yang tak terduga berdasarkan kisah nyata yang bersumber dari penulis teks maupun orang lain.

Contoh Teks Eksemplum

Contoh 1

Sahabat

Orientasi

Di sebuah kelas terdapat siswa yang bersahabat. Mereka adalah Nani, Nina, dan Nova. Nova adalah siswa yang sangat sombong di kelas, namun Nani dan Nina tetap menganggapnya sebagai sahabat.

Insiden

Pada saat jam istirahat, Nova pergi ke kantin sendirian dan memesan makanan kesukaannya, yaitu nasi goreng dengan lauk ayam. Nani dan Nina mengikutinya hingga ke kantin dan meminta bergabung. Nova menolak dengan alasan dia cuma mau gabung dengan anak orang kaya saja karena Nova memang berasal dari keluarga yang sangat kaya dan menganggap Nani dan Nina tidak sekelas.

Nani dan Nina merupakan siswa kembar yang dikenal memiliki kepribadian yang sangat baik, mereka tidak pernah membedakan teman. Lain halnya dengan Nova yang hanya mau berteman dengan anak orang kaya saja.

Waktu itu, Nani dan Nina tetap makan di kantin, namun tidak gabung dengan Nova. Bersamaan dengan itu, sekitar kantin juga sedang dibersihkan menggunakan air. Nova yang sudah selesai makan dan mau kembali ke kelas, tiba-tiba ia terpeleset dan jatuh karena lantai kantin licin setelah dibersihkan. Semua siswa hanya memertawakannya, tidak ada yang menolong kecuali Nani dan Nina. Mereka menghampiri sahabatnya yang terpeleset dan membawanya ke UKS.

Interpretasi

Setelah keluar dari UKS dan kembali ke ruang kelas, Nova meminta maaf kepada Nani dan Nina atas kesombongan dirinya. Nova menyadari kalau sahabat akan berbeda dengan teman, sahabat akan selalu ada dalam keadaan apa pun.

Contoh 2

Kehabisan Bensin 

Orientasi

Hampir setiap hari aku mengendarai motor ke kantor. Karena aku harus tiba di kantor pagi pukul 09.00, aku harus bangun pagi-pagi. 

Suatu kali pernah aku menonton pertandingan yang amat seru. Klub favoritku Manchester United melawan musuh bebuyutnya, Chelsea.

Tentu saja aku tak bisa meninggalkan pertandingan itu. Agar tidak terlewat, aku tetap terjaga hingga pertandingan mulai pukul 02.00 dini hari. 

Pertandingan selesai pukul 04.00 dengan akhir tim favoritku jadi juara. Strategi yang mereka pakai sangat mengesankan. Aku menikmati waktu yang tersisa untuk tidur dengan perasaan senang. 

Insiden

Pukul 07.15 aku terbangun. Tidur hanya tiga jam membuat kepalaku pusing. Mana aku harus buru-buru mandi dan tak sempat sarapan. Pukul 07.45 aku berangkat dari rumah dengan tergesa-gesa. Padahal aku biasa berangkat dari rumah jam 07.30 agar tepat sampai kantor jam 09.00. 

Namun tiba-tiba motorku mendadak berhenti. Aku baru sadar bensinku habis. Bensinku tinggal sedikit semalam. Aku lupa mengisinya. Apalagi aku terus-terusan ngegas dan ngerem, membuat bensin cepat habis. 

Akhirnya aku mendorong motorku. Lumayan jauh juga, sekitar 2 kilometer sampai aku ketemu penjual bensin eceran. Ah, masih pagi hariku sudah kacau. Aku telat sampai ke kantor dan kena omel bosku.

Gajiku dipotong karena telat. Badanku pegal-pegal karena mendorong motor. Belum lagi pusing karena hanya tidur tiga jam. Ini hari paling sial dalam hidupku.

Interpretasi

Aku kapok begadang. Walapun senang karena tim kesukaanku menang, akibatnya tidak sepadan. Harusnya aku bisa mengatur strategi nonton bola dan ke kantor lebih hebat lagi. Seperti bagaimana Manchester United memenangkan pertandingan dengan strateginya yang cantik.

Contoh 3

Orientasi

Setelah pulang sekolah, saatnya aku untuk makan siang. Aku pergi mencari makan, tetapi karena malas untuk berjalan jauh, akhirnya aku memutuskan membeli soto di gang depan.

Ternyata aku menemui kakakku juga sedang membeli soto itu, kemudian saat sudah di rumah kakakku langsung memakannya, sedangkan aku menunggu soto itu dingin.

Insiden

Padahal aku sudah tidak sabar sekali ingin makan, akhirnya aku putuskan untuk membuka plastik soto yang masih sangat panas.

Ketika aku sedang membuka plastik nya, aku tergesa-gesa dalam membukanya. Ternyata plastik yang aku gigit membuka terlalu besar dan membuat soto tumpah ke luar dari mangkuk dan membasahi celana ku.

Saat itu aku kaget dan malu di depan kakakku. Kakak berkata bahwa aku harus berhati-hati dan sabar serta jangan tergesa-gesa sehingga soto tidak akan tumpah. Alhasil aku tidak jadi untuk makan siang.

Interpretasi

Berdasarkan cerita ini, kita dapat belajar bahwa ketika mengambil keputusan apapun jangan sampai tergesa-gesa dan harus berhati-hati. Serta mempertimbangkan akibatnya.

Sehingga kita mendapat kesimpulan bahwa teks eksemplum adalah teks yang menceritakan pengalaman seseorang. Nah itulah penjelasan secara singkat mengenai pengertian, ciri, karakter, struktur, unsur, jenis, beserta contohnya.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements
Gambar Gravatar
Haloo! Perkenalkan saya irvando, ijinkan saya untuk menulis artikel yang bermanfaat untuk kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.