Teks Autobiografi adalah tulisan yang dikarang seseorang berisi tentang riwayat, pengalaman atau perjalanan hidupnya sendiri dari sewaktu kecil hingga saat ini.

Apa yang dimaksud teks autobiografi?

Teks Autobiografi

Pengertian Autobiografi

Autobiografi atau kerap disebut juga sebagai otobiografi berasal dari 3 kata bahasa Yunani yaitu autosbios, dan graphein.

Autos memiliki arti sendiri, bios memiliki arti hidup, sedangkan graphein memiliki arti menulis.

Jadi, autobiografi adalah tulisan yang dikarang seseorang berisi tentang riwayat, pengalaman atau perjalanan hidupnya sendiri dari sewaktu kecil hingga saat ini.

Ciri-Ciri Teks Autobiografi

Autobiografi memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan teks lain, termasuk teks biografi seseorang.

Ciri-ciri yang dapat kalian kenali dari sebuah autobiografi adalah sebagai berikut.

  • Isi autobiografi menceritakan tentang perjalanan hidup seseorang berdasarkan pengalaman atau ingatan dan ditulis sendiri oleh orang tersebut
  • Penulis menuangkan informasi tentang kehidupannya dari masa sulit yang pernah dilewati hingga mencapai keberhasilan secara detail serta kondisi dan perasaannya secara detail
  • Biasanya autobiografi hanya menampilkan hal-hal yang positif saja dari pengalaman seseorang. Bahkan, autobiografi seringkali dibuat untuk pencitraan seorang tokoh publik
  • Umumnya autobiografi ditulis agar perjalanan hidup penulis lebih dikenal dan diketahui oleh pembacanya. Kemudian diharapkan pembaca dapat memetik hikmah dan pelajaran berharga dari pengalaman yang tertulis dalam autobiografi tersebut.

Jika sebuah teks memiliki ciri-ciri diatas, maka kalian dapat dengan yakin menyatakan bahwa itu adalah sebuah autobiografi.

Tujuan Autobiografi

Sebuah autobiografi ditulis untuk memenuhi beberapa tujuan tertentu. Tujuan-tujuan tersebut antara lain adalah

  • Agar orang lain lebih tahu dan mengenal penulis secara lebih mendalam.
  • Memberikan pelajaran, gambaran serta kisah-kisah inspiratif mengenai perjalanan sukses seseorang, baik dalam bidang karir, bisnis, politik dan lain sebagainya.
  • Sebagai bahan untuk pencitraan bagi seseorang

Sebuah autobiografi tidak harus memenuhi semua tujuan diatas. Tetapi, kebanyakan autobiografi setidaknya memenuhi salah satu dari ketiga tujuan tersebut.

Manfaat Autobiografi

Sebagai sebuah narasi yang menceritakan kisah hidup penulisnya secara detail, tentu saja autobiografi memiliki beberapa manfaat.

Selain untuk pencitraan dan pengenalan diri kepada masyarakat, teks autobiografi juga berperan sebagai wadah refleksi diri dan juga untuk mengajarkan orang lain pengalaman-pengalaman hidup.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sebuah autobiografi

  • Sebagai refleksi untuk memahami masa lalu menuju masa depan yang lebih baik
  • Sebagai wahana untuk pencitraan dan promosi diri sendiri kepada masyarakat
  • Membantu menghilangkan/melupakan dan beranjak dari kejadian buruk yang pernah dilalui pada masa lalu
  • Mengetahui tentang bagaimana pribadi diri sendiri dinilai oleh orang lain serta dinilai oleh diri sendiri yang sudah lebih dewasa
  • Menyadari perubahan yang terjadi di dalam diri dari masa ke masa sehingga bisa senantiasa menjadi orang yang lebih baik
  • Melihat dan memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu
  • Menjadi nilai lebih dalam hal profesionalitas serta salah satu bentuk personal branding
  • Mengajarkan pelajaran-pelajaran hidup berharga dari individu tersebut kepada orang lain

Senada dengan tujuan, sebuah autobiografi tidak selalu menghasilkan semua manfaat yang disebutkan diatas. Jika ada yang bisa memenuhi semuanya, maka itu adalah sebuah autobiografi yang sangat hebat.

Namun, teks ini setidaknya harus memenuhi satu atau lebih dari manfaat-manfaat yang sudah disebutkan diatas.

Struktur Autobiografi

Penulisan sebuah teks autobiografi umumnya mengikuti struktur-struktur tertentu yang sudah ditentukan. Hal ini bertujuan agar pembaca dapat dengan mudah memahami kisah yang diceritakan.

Berikut ini merupakan struktur yang umumnya digunakan oleh para penulis

  • Latar belakang keluarga
  • Latar belakang pendidikan
  • Latar belakang prestasi
  • Latar belakang pekerjaan
  • Latar belakang karya

Agar kalian lebih paham, dibawah ini akan dibahas secara lebih detail tiap-tiap struktur yang sudah disebutkan diatas

Latar Belakang Keluarga

Bagian ini memuat penjelasan tentang anggota atau bagian dari keluarga penulis. Diantaranya seperti orang tua (ayah dan ibu), tempat dan tanggal lahir, tempat tinggal, suami atau istri serta seseorang yang merupakan urutan anak ke berapa.

Selain itu, dijelaskan juga mengenai seperti apa riwayat keluarganya serta kondisi-kondisi yang ada di keluarga mereka.

Bagian ini penting untuk memberikan konteks mengapa tokoh utamanya memiliki sifat ataupun pola pikir seperi yang diceritakan. Karena, faktor keluarga umumnya berperan besar disini.

Latar Belakang Pendidikan

Struktur ini berisi tentang riwayat pendidikan yang telah dicapai oleh tokoh yang diceritakan. Umumnya memuat tahun dan nama sekolah yang ditulis ke dalam paragraf baru.

Terkadang, bagian ini juga menjelaskan mengenai konteks pendidikan yang ditempuh. Misalnya, memasuki sekolah favorit, sekolah yang buruk, atau sejenisnya.

Latar Belakang Prestasi

Struktur ini berisi tentang semua prestasi yang sudah didapatkan penulis sejak masih kanak-kanak hingga saat ini.

Disini, prestasi dapat berbentuk prestasi akademik seperti lomba dan kompetisi, ataupun non-akademik seperti olahraga, organisasi, dan komunitas.

Hal ini sangat penting untuk menimbulkan kebanggaan serta menunjukkan kehebatan tokoh yang diceritakan tersebut. Dengan bagian ini, pembaca dapat terinspirasi dan juga merasa bahwa tokohnya hebat.

Umumnya, autobiografi yang memang didesain sebagai wahana pencitraan dan personal branding akan banyak membahas mengenai prestasi ini.

Latar Belakang Pekerjaan

Di dalam struktur ini, dijelaskan apakah penulis sedang mencari pekerjaan atau sudah bekerja.

Selain itu juga dapat dituliskan mengenai riwayat pekerjaan yang pernah dilakukan. Kadang, ditambahkan pula informasi mengenai berapa lama beliau bekerja di tempat tersebut serta peran dan kontribusinya terhadap perusahaan.

Namun, struktur ini tidak harus dicantumkan jika penulis adalah seorang pelajar.

Latar Belakang Hasil Karya

Struktur ini hampir selalu ada dalam sebuah autobiografi dari orang-orang hebat ataupun yang cukup terkenal. Hal ini terjadi karena keterkenalan mereka umumnya adalah hasil dari karya-karya mereka.

Oleh karena itu, sudah pasti karya-karyanya harus diceritakan, terutama yang berperan besar dalam masyarakat dan mempengaruhi hidup masyarakat.

Seperti bagian prestasi, bagian ini juga umumnya ditonjolkan ketika seseorang menulis sebagai wahana pencitraan dan branding.

Namun, bagian ini juga sering ditonjolkan meski bukan ditujukan untuk branding dan pencitraan. Terutama bagi karya-karya yang menginspirasi seperti Bill Gates, Soichiro Honda, ataupun Isaac Newton.

Jenis-Jenis Autobiografi

Penulis harus bisa menyajikan tujuan dari penulisan kisah hidupnya dengan memakai format yang dapat menceritakannya.

Untuk melakukan hal tersebut dengan baik dan benar, penulisnya harus memahami jenis autobiografi apa yang akan ditulis. Sehingga, gaya penulisannya juga dapat disesuaikan.

Jenis-jenis Autobiografi Berdasarkan Penulisnya

Berikut ini adalah jenis-jenis autobiografi berdasarkan tokohnya, atau siapa yang diceritakan dalam kisah tersebut

  • Autobiografi Fiksi
  • Autobiografi Palsi
  • Autobiografi seseorang yang tidak terkenal
  • Autobiografi Kritik Totalitarianisme
  • Autobiografi Sensasional

Agar kalian lebih paham jenis-jenis yang sudah disebutkan diatas, dibawah ini akan dibahas secara lebih detail

Autobiografi Fiksi

Autobiografi fiksi bertujuan mendefinisikan novel tentang kisah seorang tokoh fiktif atau seorang tokoh yang sebenarnya tidak ada dalam dunia nyata.

Autobiografi dibuat dan ditulis seolah-olah tokoh fiktif dalam novel tersebut menulis tentang riwayat hidup mereka sendiri.

Autobiografi Palsu

Autobiografi palsu menggambarkan tentang seorang penulis yang dianggap memiliki kehidupan yang menderita. 

Penderitaan ini bisa disebabkan karena berada di dalam sebuah keluarga yang mempunyai banyak permasalahan berupa kekerasan dan perilaku buruk.

Namun, bisa jadi kisah ini tidak sepenuhnya benar dan hanya dibuat untuk mencari simpati atau menyampaikan pesan moral tertentu kepada pembacanya.

 Autobiografi Seseorang yang Tidak Terkenal

Autobiografi ini adalah autobiografi hasil tulisan yang diklaim asli milik orang yang tidak terkenal. Mereka menulis sendiri autobiografi untuk disebarluaskan kepada masyarakat.

Biasanya, teks jenis ini digunakan sebagai sarana branding diri sendiri dan juga upaya untuk membuat pribadinya menjadi lebih terkenal di masyarakat umum.

Autobiografi Sebagai Kritik Totalitarianisme

Autobiografi ini dibuat oleh salah satu koran dan penentang rezim totaliter yang memiliki kemampuan untuk menyampaikan kritik yang sangat mencolok dari sebuah rezim.

Autobiografi ini berisi tentang penindasan yang telah mereka lalui yang disampaikan dalam bentuk tulisan.

Tulisan seperti ini jarang muncul di negara demokrasi yang situasi politiknya aman-aman saja. Tetapi, justru akan muncul pada negara otoriter yang merepresi kebebasan berpendapat masyarakatnya.

Autobiografi Sensasional

Autobiografi sensasional berisi tentang atlet profesional modern, media selebriti, serta pada tingkat lebih rendah yaitu tentang politisi.

Autobiografi ini biasanya berupa memoar yang dibuat dengan bantuan penulis lain (ghostwriter) yang diterbitkan secara rutin.

Jenis-jenis Autobiografi Berdasarkan Kisah Hidupnya

Terdapat juga pembagian jenis-jenis autobiografi sesuai dengan kisah hidup yang diceritakannya yang antara lain adalah

  • Autobiografi Lengkap
  • Memoar
  • Masalah Psikologis
  • Pengakuan
  • Spiritual
  • Mengatasi Kesulitan

Agar kalian lebih paham, dibawah ini akan dijelaskan secara lebih detail mengenai jenis-jenis yang sudah disebutkan diatas

Autobiografi Lengkap (Tradisional)

Autobiografi ini berisi tentang penjelasan riwayat hidup seseorang yang ditulis secara lengkap.

Riwayat hidup ditulis mulai dari kelahiran, masa kanak-kanak, masa mudah, masa dewasa, hingga saat autobiografi dibuat. Penulis bisa memilih jenis autobiografi ini jika memiliki perjalanan hidup yang menarik, sangat unik, dan berbeda dari kebanyakan orang pada umumnya.

Oleh karena itu, jenis tulisan seperti ini cocok untuk meliput kehidupan orang-orang yang sangat terkenal, inspiratif, atau memiliki kisah hidup yang menarik.

Memoar

Memoar atau memoir adalah autobiografi yang ditulis pada periode tertentu saja. Pembuatan memoar bisa berdasarkan waktu, tempat, filosofis, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Memoar layak untuk disebarluaskan karena merupakan gambaran tentang perjalanan hidup seseorang yang menonjolkan bagian tertentu sebagai pengalaman berharga.

Masalah Psikologis

Sebagian orang yang mengalami masalah mental terkadang perlu untuk menyampaikan isi pikiran mereka melalui tulisan. Hal ini akan membuat perasaan mereka lebih baik dan bisa bermanfaat.

Pengakuan

Autobiografi jenis ini berisi tentang pengakuan seseorang yang telah melakukan perbuatan yang sangat salah.

Sebagian orang merasa akan bisa memperbaiki diri setelah membagikan kisah pengakuannya kepada orang lain. Selain itu, penulis juga mengharapkan agar orang-orang yang membaca kisahnya bisa belajar dari kesalahan.

Spiritual

Autobiografi jenis ini berisi tentang kisah spiritual dan keagamaan. Meski sifatnya pribadi, penulis merasa bahwa membagikan kisah spiritual merupakan suatu kehormatan.

Selain itu, autobiografi jenis ini bisa dipakai untuk meningkatkan kehidupan rohani pembaca atau bahkan menarik orang lain agar mau menerima keyakinan penulis.

Mengatasi Kesulitan

Jenis autobiografi ini berisi tentang kisah penulis melewati perjalanan hidup yang tidak mengenakkan.

Kaidah Kebahasaan Autobiografi

Secara umum, sebuah teks autobiografi memiliki beberapa kaidah-kaidah kebahasaan yang diikuti oleh para penulisnya. Kaidah kebahasaan tersebut antara lain adalah penggunaan

  • Kata Hubung atau Penghubung yang berfungsi sebagai penyambung suatu kata dengan kata yang lain
  • Kata Kerja yang berfungsi untuk menjelaskan suatu hal (kerja) yang dilakukan oleh tokoh
  • Rujukan Kata yang berfungsi untuk merujuk pada suatu kata yang udah diungkapkan sebelumnya
  • Keterangan Waktu yang berfungsi menunjukkan peristiwa, waktu dan tempat yang dialami oleh tokoh-tokoh dalam cerita tersebut

Penggunaan kaidah-kaidah kebahasaan ini bertujuan agar pembaca dapat dengan lebih mudah memahami konteks dan cerita yang penulis coba ceritakan.

Cara Membuat Teks Autobiografi

Secara umum, cara membuat teks autobiografi tidak jauh berbeda dengan pembuatan karya-karya sastra tulis lainnya. Namun, yang membedakan adalah ada ciri-ciri serta kaidah kebahasaan yang sudah dijelaskan diatas.

Namun, ada urutan yang kerap digunakan oleh para penulis untuk mempermudah pembuatan teks jenis ini. Urutan tersebut antara lain adalah

  • Menuliskan garis besar dari kisah hidup kalian
  • Menentukan tujuan penulisannya
  • Mengumpulkan dan mengingat-ingat data serta informasi yang dibutuhkan sesuai dengan garis besar yang sudah dituliskan
  • Menuliskan pengalaman dan kisah hidup kalian dengan konteks bercerita untuk menyampaikan pengalaman dan pelajaran
  • Merapihkan serta memperinci bagian-bagian yang dirasa masih kurang lengkap
  • Melakukan proses editorial dan menemukan kesalahan pengejaan serta kesalahan penulisan lainnya

Setelah melewati tahap-tahap diatas, maka karya sastra pengalaman hidup kalian siap untuk diterbitkan dan dicetak oleh rumah-rumah percetakan yang ada.

Contoh Autobiografi

Dibawah ini akan diberikan sebuah contoh autobiografi singkat dari seseorang yang kurang terkenal, yaitu seorang pelajar.

Namun, teks ini jauh berbeda dengan yang ditulis untuk orang-orang hebat seperti Steve Jobs atau Henry Ford yang bisa mencapai ratusan halaman dan menceritakan semua prestasi, karya, dan sepak terjang kehidupannya yang panjang.

Contohnya :

Namaku Hardian, aku lahir di kota Solo, pada tanggal 20 Januari tahun 1992. Aku merupakan anak pertama dari 10 bersaudara, dari pasangan Hari dan Soimah.

Sejak kecil, aku sering dipanggil dengan nama panggilan Hardi ataupun Har oleh teman-temanku. Tetapi, panggilan sayang dari keluargaku adalah Ian.

Keluarga ku sangat sederhana dan hidup kami pun pas-pasan. Ayahku berkerja sebagai supir truk antar provinsi, sedangkan ibu ku bekerja sebagai penjual camilan keliling di kota Solo.

Semenjak kecil, kedua orang tuaku selalu berpesan agar rajin beribadah, bersikap baik, dan menaati aturan-aturan yang ada.

Uniknya, meskipun kedua orang tuaku tidak memiliki pendidikan yang tinggi, mereka mendorong aku dan adik-adikku untuk terus belajar dan mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.

Harapannya adalah agar kami tidak terperosok kedalam jurang yang sama dengan orang tua kami. Sehingga, anak-anak kami nantinya dapat menghidupi kehidupan yang lebih baik.

Ketika usia ku sudah menginjak 6 tahun, aku mulai bersekolah di SDN Mangkuyudan, setelah lulus, aku melanjutkan pendidikan ku di SMPN 5 Surakarta.

Selulusnya dari SMP, aku tidak bisa bersekolah lagi karena uang orang tuaku sudah habis sehingga aku terpaksa membantu bekerja. Aku pun menjadi tukang besi bekas yang mengumpulkan besi-besi bekas di sekitar kota Solo.

Namun, aku tidak pernah lupa pesan orang tua ku, untuk selalu belajar dan menggapai pendidikan. Aku memaknai bahwa pendidikan tidak selalu harus dalam bentuk formal sekolah tetapi bisa didapatkan darimana saja.

Oleh karena itu, aku bertekad mempelajari bisnis besi tua dan pengolahan besi dari tempat kerja ku. Untungnya, bos ku saat itu, pak Jiman sangatlah ramah dan mau berbagi ilmunya.

Seiring dengan berjalannya waktu, aku pun menabung dari penghasilan ku kerja dengan pak Jiman untuk membuka usaha besi tua ku sendiri dan membantu mensejahterakan keluarga ku.

Akhirnya, pada tahun 2019, aku berhasil membuka usaha besi tua ku sendiri, yaitu CV. Hardi Utama. Sekarang, aku pun sudah memiliki banyak karyawan dan mampu membantu adik-adik ku bersekolah.

Bahkan, kedua adik ku yang paling tua sekarang sudah masuk ke salah satu universitas favorit di Indonesia.

Jangan berkecil hati kalau kalian tidak memiliki pendidikan tinggi, yang penting adalah kalian terus belajar dan terus berusaha untuk menggapai kehidupan yang lebih baik.

Nah! Itulah penjelasan dari teks autobiografi yang di tuliskan pada artikel ini. Pengertian, ciri-ciri, strukturnya, beserta contoh dari teks autobiografi. Semoga membantu!

Irvando Demas Arifiandani
Latest posts by Irvando Demas Arifiandani (see all)