Pengertian Literatur

Pengertian Literatur –  Suatu bahan bacaan yang dapat digunakan untuk berbagai jenis aktivitas, baik secara intelektual maupun rekreasi.

Pengertian Literatur

Literatur dapat diartikan sebagai sumber ataupun acuan yang digunakan dalam berbagai macam aktivitas di dunia pendidikan ataupun aktivitas lainnya. Literatur juga dapat diartikan sebagai rujukan yang digunakan untuk mendapatkan informasi tertentu. Literatur dapat berupa buku ataupun berbagai macam tulisan lainnya.

ALA Glozary of Library and Information Science sendiri, pengertian literatur adalah bahan bacaan yang dipakai dalam berbagai macam aktivitas baik secara intelektual ataupun rekreasi

Menurut ALA Glossary of Library and Information Science, pengertian literatur adalah suatu bahan bacaan yang dapat digunakan untuk berbagai jenis aktivitas, baik secara intelektual maupun rekreasi. Dari penjelasan definisinya, berikut ini adalah beberapa fungsi literatur:

  • Untuk membantu penggunanya dalam mencari informasi yang dibutuhkan.
  • Untuk memperkuat informasi yang dihasilkan dari suatu analisis atau hipotesa.
  • Untuk melengkapi suatu informasi atau informasi tambahan.

Fungsi Literatur

Literatur berfungsi untuk :

  • Membantu penggunanya dalam mencari informasi yang diperlukan
  • Memperkuat informasi yang diperoleh dari analisis atau hipotesa
  • Informasi tambahan sebagai pelengkap suatu informasi

Jenis – jenis Literatur

Pada dasarnya literatur dapat dibedakan berdasarkan beberapa kategori yaitu menurut lokasi penempatan koleksinya, menurut tingkat kedalaman analisisnya, dan menurut sifatnya.

Jenis Literatur Menurut Lokasi Penempatan Koleksinya :

1. Koleksi Umum

Literatur koleksi umum merupakan literatur yang terdiri dari berbagai macam buku yang dibuat untuk tingkat pembaca dewasa. Jenis literatur ini biasanya diletakkan di rak terbuka dan bebas untuk digunakan oleh siapa saja sebagai sumber bahan bacaan. Beberapa contoh literatur ini yaitu buku populer yang membahas tentang budi daya tanaman, serial komik, novel, dll.

2. Koleksi Referensi

Literatur koleksi referensi merupakan literatur yang berisi sekumpulan informasi yang secara khusus dapat digunakan untuk menjawab berbagai macam pertanyaan yang dimiliki oleh penggunanya. Literatur jenis ini biasanya berbentuk kamus, buku pedoman, dan juga ensiklopedia.

Jenis Literatur Menurut Tingkat Kedalaman Analisisnya

1. Literatur Primer

Literatur sekunder merupakan literatur yang dibuat dari hasil penelitian yang mana hasilnya belum pernah diterbitkan sebelumnya. Literatur jenis ini biasanya berisi berbagai macam gagasan ataupun teori-teori baru dai berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan.

2. Literatur Sekunder

Pengertian literatur sekunder merupakan literatur yang dibuat dengan merujuk ataupun mengutip hasil yang ada dalam literatur primer. Literatur sekunder biasanya berisi tentang teori-teori yang telah ditemukan sebelumnya dan cenderung tidak menampilkan temuan-temuan baru.

3. Literatur Tersier

Literatur tersier merupakan literatur yang berisi berbagai macam informasi yang berupa petunjuk untuk bisa mendapatkan literatur sekunder. Beberapa contoh literatur ini yaitu bibliografi dari beberapa bibliografi, direktori dari direktori, dll.

Jenis Literatur Menurut Sifatnya

1. Dokumen Tekstual

Literatur dokumen tekstual merupakan literatur yang berisi berbagai macam teks tertulis yang dapat dibaca oleh penggunanya.

2. Dokumen Nontekstual

Literatur dokumen nontekstual merupakan literatur yang berisi tentang informasi yang tertuang dalam bentuk selain teks seperti gambar, foto, suara, dll.

3. Dokumen Campuran

Literatur dokumen campuran merupakan literatur yang isinya merupakan gabungan dari literatur tekstual dan literatur non tekstual. Jenis literatur yang satu ini biasanya dibuat setelah literatur dokumen tekstual dan literatur dokumen non tekstual telah diterbitkan.

Manfaat literatur

Manfaat yang biusa diperoleh dengan menggunakan koleksi sekunder serta koleksi tersier ini ialah :

  1. Memberikan keterangan atau penjelasan langsung dan juga mendasar mengenai suatu hal yang ingin diketahui, guna untuk menghilangkan keragu-raguan terhadap pengertian suatu masalah tertentu.
  2. menambahkan perbendaharaan kata yang dipunyai bukan hanya mengetahui suatu kata atau pun juga istilah, bahkan bisa mengetahui keterangan dasarnya, baik itu mengenai asal kata/istilah, penggunaannya, padanan kata, lawan kata, pengucapannya, sejarah, dan sebagainya.
  3. Bisa digunakan untuk bisa mengetahui seluk beluk dan juga keadaan suatu negara atau juga tempat lain di dunia, bahkan juga tentang tempat yang belum pernah dikunjungi.
  4. Meningkatkan ketrampilan serta juga kemampuan di dalam menggunakan sumber informasi dasar.
  5. Menunjang kegiatan atau aktivitas penelitian.
  6. Membantu para pustakawan serta juga pemakai lain di dalam melakukan penelusuran informasi

Contoh Literatur

  1. Literatur primer : Majalah penelitian,  literatur niaga, tesis, disertasi dokter, laporan penelitian, laporan pertemuan ilmiah, patent, standart, artefact, audio recording, diaries, internet communication, interviews, jurnal artikel penerbitan, surat.
  2. Literatur sekunder : Indeks, abstrak, buku pedoman, buku-buku ilmiah, tinjauan perkembangan, survei literatur atau bibliogarafi subjek, ensiklopedi,  surat kabar, majalah dan kamus.
  3. Literatur tersier : Almanak,pedoman literatur, bibliografi seperti, daftar penelitian, direktori, daftar buku atau majalah,katalog induk majalah daftar indeks dan abstrak.

Nah itulah pengertian literatur, fungsi, manfaat, jenis, beserta contohnya. Semoga bermanfaat!

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements
Gambar Gravatar
Haloo! Perkenalkan saya irvando, ijinkan saya untuk menulis artikel yang bermanfaat untuk kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.