Majas Alegori

Majas Alegori – Ada banyak macam jenis majas. Salah satunya yaitu Majas Alegori adalah majas yang menyatakan dengan ungkapan kiasan atau penggambaran.

Majas Alegori

Majas Alegori

Apa yang dimaksud Majas Alegori?

Majas Alegori adalah ungkapan kiasan, artinya menggambarkan dan melengkapi lebih tepatnya menggunakan kiasan.

Pengertian Majas Alegori

Majas Alegori Artinya majas yang menggunakan sesuatu untuk mewakili suatu hal yang lain (simbolik) secara keseluruhan dalam suatu cerita atau teks umum.

Mudahnya, perbedaan nya adalah jika metafora atau simile adalah majas yang digunakan dalam suatu kalimat, alegori menggunakan satu paragraf bahkan seluruh teks untuk mengumpamakan sesuatu. 

Berbeda dengan puisi. Majas Alegori menggunakan penegasan dalam kalimat yang tepat.

Dalam situs brainly dan google, menjelaskan pendek tentang bagaimana majas dapat mencipta kan kata yang indah namun memiliki makna.

Pengertian Majas Alegori Menurut Para Ahli

Nurgiantoro (2017, hlm. 239)

Mengungkapkan bahwa alegori adalah sebuah cerita kiasan yang terdapat maknanya tersembunyi pada makna literal. Sehingga terkandung dua makna sekaligus dalam sebuah teks alegori. Yakni makna literal (bukan sebenarnya) dan makna sebenarnya yang tersembunyi dan harus ditafsirkan.

Penggunaannya dapat dilakukan dengan cara melakukan personifikasi (memanusiakan) sesuatu yang bukan manusia; fabel. Selain itu, alegori juga dapat diterapkan dengan cara membuat cerita pembanding terhadap cerita yang sedang dibawakan, sehingga terbentuk alegori metafora.

Keraf (2010, hlm. 140)

Alegori adalah cerita singkat yang mengandung kiasan. Makna kiasan ini harus ditarik (ditafsirkan) dari bawah permukaan ceritanya. Dalam alegori, nama-nama pelakunya adalah sifat-sifat yang abstrak (hewan yang dapat berbicara) untuk mewakili pelaku sebenarnya yang konkret (manusia).

Tarigan (2013, hlm. 24)

Menyatakan bahwa alegori adalah cerita yang dikisahkan melalu lambang-lambang yang merupakan majas yang diperluas secara berkesinambungan sebagai tempat atau wadah objek-objek atau gagasan yang diperlambangkan. Secara sederhana yaitu ungkapan kiasan.

Dari pengertian diatas, arti alegori adalah majas dalam bentuk wadah, bukan sekedar kalimat seperti majas lainnya. Melanjutkan penjelasannya, Tarigan (2013) mengatakan biasanya alegori merupakan cerita-cerita panjang yang rumit dengan maksud dan tujuan terselubung, namun jika pembacanya jeli, justru maksud tersebut akan sangat jelas (konkret) dan nyata.

Contoh Majas Alegori

Contoh 1

Dunia ibarat tumbuhan hijau yang menyihir setiap mata yang memandang. Indah dan begitu menakjubkan, seperti bunga teratai. Namun lambat laun ia akan menguning, kering, dan pada akhirnya musnah.

Contoh 2

Perjalanan hidup manusia seperti sungai yang mengalir menyusuri tebing-tebing, yang kadang-kadang sulit untuk ditebak kedalamannya, yang rela menerima segala sampah, dan yang pada akhirnya berhenti ketika bertemu dengan laut. Perbandingan antara bumi dan langit, jauh dan tak terhingga membuat energi habis.

Contoh 3

Menjalani kehidupan rumah tangga sama halnya seperti kita mengarungi lautan dengan sebuah bahtera. Terkadang kita akan dibawa menyaksikan keindahan samudra yang begitu menakjubkan. Namun tak jarang kuatnya ombak akan mengombang-ambing tubuh kita. Ibu adalah inspirasiku, beliau kuat menjalani kehidupan ini.

Jenis Majas

Majas Metafora

Majas ini termasuk majas yang memakai analogi atau perumpamaan terhadap dua hal yang berbeda.

Majas Metonimia

Majas ini menyatakan suatu hal dengan dengan memakai kata lain yang punya keterkaitan (misalnya sebuah merek dagang).

Majas Litotes

Majas yang menggunakan ungkapan penurunan kualitas untuk merendahkan diri.

Majas Hiperbola

Majas yang merupakan ungkapan yang berlebihan dan tidak masuk akal.

Majas Pars Pro Toto

Majas yang menggunakan sebagian unsur/objek untuk menunjukkan keseluruhan objek.

Majas Totem Pro Parte

Majas yang mengungkapkan keseluruhan objek padahal hanya sebagian objek saja.

Majas Eufimisme

Majas yang menggunakan ungkapan lebih halus terhadap ungkapan yang dirasa kasar atau merugikan.

Majas Ironi

Majas sindiran ini digunakan dengan cara menyembunyikan fakta dan mengatakan hal yang sebaliknya.

Majas Sarkasme

Majas ini bisa disebut sebagai sindiran yang kasar.

Majas Paradoks

Majas paradoks adalah gaya bahasa yang menyatakan sesuatu secara berlawanan atau bertentangan

Itulah penjelasan dari pengertian majas alegori menurut para ahli, jenis-jenis majas, beserta contohnya. Dengan adanya artikel ini, bisa lebih meningkatkan majas yang diketahui dan beberapa serta ciri kalimatnya pada pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dan bisa menjawab beberapa soal.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements
Gambar Gravatar
Haloo! Perkenalkan saya irvando, ijinkan saya untuk menulis artikel yang bermanfaat untuk kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.