Contoh Teks Diskusi Singkat

Contoh Teks Diskusi Singkat – Diskusi adalah sebuah bentuk interaksi komunikasi yang terjalin antar dua individu atau kelompok yang berupa pembahasan yang pada akhirnya menghasilkan pemahaman yang baik dan benar.

Berikut kami jelaskan mengenai pengertian, ciri-ciri, struktur, dan contoh teks diskusi singkat. Simak baik-baik yaa!

Pengertian Teks Diskusi

Teks diskusi adalah sebuah wacana berupa tulisan yang memberikan dua pendapat berbeda, satu sisi adalah pendukung dan satu sisi kontra. Perbedaan pendapat tersebut akan mengakibatkan keduanya saling bertukar pikiran mengenai suatu topik yang menjadi bahan perbincangan.

Ciri-Ciri Teks Diskusi

Teks diskusi ternyata memiliki ciri-ciri, yaitu sebagai berikut:

  1. Memuat informasi yang bersifat informatif-argumenatif
  2. Strukturnya terdiri dari isu, argumen mendukung, argumen menentang dan kesimpulan
  3. Ciri kebahasaan teks diskusi menggunakan kata hubung perlamawan, seperti sedangkan, tetapi dan sebagainya.

Struktur Teks Diskusi

Teks diskusi memiliki 3 struktur, yakni:

  1. Isu
  2. Argumen. Argumen ini memiliki 2 jenis, yakni argumen mendukung dan argumen menolak.
  3. Kesimpulan

Contoh Teks Diskusi Singkat

Contoh teks diskusi singkat sebagai berikut :

1. Contoh Teks Diskusi tentang Teknologi

Isu

Pesatnya kemajuan teknologi di era globalisasi ini sudah sangat mendunia. Baik dalam bidang teknologi sampai dengan bidang ilmu kesehatan dan pendidikan. Kemajuan teknologi ini digunakan oleh sebagian orang untuk menciptakan karya atau menghasilkan karya. Dengan berbagai cara dan media yang mereka gunakan akhirnya di zaman modern ini sudah banyak berkembang pembuatan FILM dan pengunggahan video mereka melalui media sosial atau sering kita sebut YOUTUBE.

Argumen Mendukung

Masyarakat tentu sudah mengetahui berbagai Film serta media social yang mereka gunakan untuk melihat atau mengunggah video mereka. Memang, banyak masyarakat yang sangat menyukai Film dan Youtube, tetapi banyak juga yang tidak menyukai kedua hal tersebut.

Mereka berdalih dengan melihat Film mereka bisa mempermudah belajar bahasa asing, menambah wawasan, menambah motivasi, selain itu film juga merupakan salah satu media massa.

Argumen Menentang

Disisi lain juga banyak masyarakat yang kurang menyukai keberadaan industri perfilman dan Youtube. Mereka beranggapan bahwa kedua hal tersebut banyak yang mengandung unsur pornografi ataupun unsur yang negatif bagi generasi muda, selain itu kedua hal tersebut bisa menjerumuskan dan menghabiskan waktu generasi muda dengan sia-sia, serta karakter asli generasi muda Indonesia juga akan semakin tergerus dengan adanya pengaruh dari media sosial tersebut.

Kesimpulan

Oleh karena itu generasi muda Indonesia haruslah kita bina dan kita perbaiki agar menghasilkan generasi yang lebih unggul di masa depan. Agar keinginan itu terwujud peran orang tua serta guru di sekolah menjadi salah satu kunci kemajuan generasi muda.

2. Contoh Teks Diskusi tentang Corona

Isu

Corona merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang di sebabkan oleh virus Corona, yang dapat membuat korabnnya merasa sakit di tenggorokan, sesak nafas, sakit kepala dan parahnya bisa membuat korbannya meninggal dunia. Virus ini sangat mudah menular dari satu korban ke korban yang lain.

Argumen Mendukung

Contohnya bahaya yang disebabkan oleh Covid 19 ini dan sudah banyak buktinya antara lain adalah :

  • Membuat tenggorokan terasa kering
  • Gangguan pernafasan sehingga sesak untuk bernafas
  • Gangguan fungsi pada paru – paru
  • Dan gejala lainya

Argumen Menentang
Tetapi Virus Covid 19 ini tidak akan bisa menyerang manakala kita mau menjaga pola hidup kita, seperti : menjaga kebersihan badan, tempat, pakaian, lingkungan dan makanan. Serta patuhi seruan dari pemerintah.

Kesimpulan

Jika sudah di ketahui beberapa bahaya – bahaya yang di timbulkan oleh virus Corona, baiknya kita untuk menghindari cara penularannya dan bersama untuk mencegahnya dengan melaksanakan pola hidup bersih serta patuhi aturan pemerinatah demi kebaikan kita bersama.

3. Contoh Teks Diskusi tentang Narkoba

Isu

Narkoba adalah obat-obatan dan obat-obatan berbahaya yang mengandung zat adiktif atau psikotropika yang dapat memiliki efek adiktif / adiktif pada pengguna atau orang-orang yang menggunakannya dan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah besar dalam jangka panjang.

Argumen Mendukung

Bahaya menggunakan narkoba:

  • Kerusakan saraf dan otak
  • Disfungsi reproduksi
  • Sering mual dan muntah.
  • Kurang nafsu makan untuk menurunkan berat badan secara permanen
  • Gangguan paru-paru
  • dan masih banyak lagi

Argumen Menentang

Tetapi obat-obatan tidak buruk jika digunakan dengan benar. Zat-zat psikotropika ini sebenarnya digunakan dalam pengobatan. Sehubungan dengan anestesi pada pasien dan spesifik. Tetapi dalam jumlah yang sangat kecil ini tidak berbahaya.3

Kesimpulan

Ketika Anda sudah menyadari bahaya narkoba, lebih baik menghindari penggunaan narkoba, dan hati-hari terhadap pergaulan bebas.

4. Contoh Teks Diskusi tentang Sampah

Isu

Sampah menjadi satu hal yang dianggap sangat meresahkan sebab memberikan dampak yang buruk pada lingkungan. Sampah yang menumpuk akan dapat menyebabkan berbagai penyakit bahkan dapat menyebabkan banjir. Cara menanggulangi sampah dianggap menjadi permasalahan yang penting di beberapa daerah. Sebenarnya pemecahan masalah mengenai sampah ini sudah menjadi perdebatan sejak dulu.

Argumen Mendukung

Sebagian orang beranggapan bahwa sampah menjadi sesuatu yang tidak dibutuhkan lagi, maka dari itu sampah harusnya dimusnahkan dengan cara di bakar. Namun bagi mereka yang mencintai alam, cara tersebut dianggap bukan sebagai solusi melainkan menjadi sebuah bencana baru. Sampah yang dibakar akan menghasilakan polusi udara berupa bau yang tidak sedap bahkan asap pembakaran yang dihasilkan dari pembakaran itu dapat menipiskan lapisan ozon.

Argumen Menentang

Orang yang mencintai lingkungan mereka tentunya lebih memilih penyelesaian berupa dekomposting & daur ulang sampah. Contohnya seperti sampah organik misalnya daun kering, batang pohon dan sebagainya bisa dijadikan sebagai pupuk kompos melalui proses dekomposting. Sedangkan sampah non-organik yang memang tidak bisa mengalami pembusukan bisa dilakukan daur ulang.

Kesimpulan

Pada dasarnya sampah bisa diolah dan dimanfaatkan kembali. Pengolahan dan penanganan sampah yang ramah lingkungan merupakan cara paling tepat untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang ada.

5. Contoh Teks Diskusi tentang Full Day School

Isi

Fullday school adalah program sekolah yang meminta siswa mengikuti proses belajar mengajar secara penuh sepanjang hari. Fullday School diselenggarakan mulai pukul 07.00 pagi hingga 16.00 sore. Namun, karena sistem ini mengharuskan siswa berada di sekolah selama sehari penuh maka banyak pro dan kontra yang menyertai program ini.

Argumen Mendukung

Dengan memasukkan anak-anak di program fullday school, orang tua meminta anak anaknya lebih banyak menghabiskan waktu belajar di lingkungan sekolah daripada di rumah. Dengan demikian, kondisi anak didik diharapkan lebih matang baik dari segi materi akademik maupun non akademik.Sebagai orang tua ayo tanamkan semangat pada anaknya untuk mengikuti fullday school karena fullday school dianggap sebagai solusi terbaik untuk mengantisipasi dampak buruk globalisasi.

Fullday school dianggap memberikan pelajaran, pembiasaan yang baik, pendidikan dan pelatihan yang cukup agar siswa dapat mencapai dan memenuhi program jaminan mutu sekolah.

Argumen Menentang

Tetapi, pihak yang tidak setuju beragumen bahwa tingkat konsentrasi anak-anak berbeda-beda. Bisa dikatakan jenjang SD masih tergolong anak-anak yang mudah bosan dan jenuh.Selain itu, jika dilihat dari segi fisik hal ini juga tidak baik atau buruk bagi kesehatan.

Siswa juga butuh istirahat yang cukup agar konsentrasi nya tetap terjaga dan maksimal untuk mampu mencernah pelajaran yang diberikan. Lalu, dari segi sosial dan geografis daerah pelosok dianggap belum cocok untuk diterapkan program fullday school. Kebanyakan orang tua siswa yang berada di pelosok bermata pencaharian sebagai petani, buruh, nelayan, dan sebagainya. Orang tua pun membutuhkan anaknya sepulang sekolah untuk membantu mereka seperti memasak dan bersih-bersih.

Kesimpulan

Sebenarnya, diadakannya program tergantung sarana dan prasarana yang disediakan sekolah. Jika prasarana sekolah memadai dan kegiatan yang diselenggarakan di sekolah di buat menarik, maka full day school akan berjalan menyenangkan. Sebaliknya, jika prasarana sekolah kurang memadai dan kegiatan di sekolah full pelajaran formal maka kegiatan fullday school akan sangat membosankan.

Hal seperti inilah yang membuat siswa mudah bosan dan pelajaran tidak akan efektif. Jadi sebaiknya, mari menjadikan kegiatan fullday school dapat diseimbangkan dengan sarana dan prasarana yang memadai dan kegiatan yang menarik dan menyenangkan.

6. Contoh Teks Diskusi tentang Pendidikan

Isu

Sektor pendidikan di Indonesia selalu menjadi topik yang paling menarik untuk dibahas. Semua tahu bahwa wilayah Indonesia terbagi-bagi menjadi banyak pulau. Hal ini tentu saja dapat berpengaruh pada tingkat SDM masing-masing penduduknya. Ada yang menganggap bahwa pendidikan di Indonesia sudah sangat baik, namun ada juga yang berkata bahwa kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat buruk.

Argumentasi Mendukung

Bagi mereka yang pro, hal ini memang sudah bisa dibuktikan. Lihat saja Jakarta dan sekitarnya, sudah banyak sekolah-sekolah yang bermutu tinggi, mulai dari tingkat PAUD hingga Universitas. Disana juga banyak orang-orang cerdas dan berprestasi. Benar, semua kondisi ini memang nyata adanya. Sekali lagi, itu baru di Jakarta dan sekitarnya.

Argumen Menentang

Sebagian orang justru berpendapat sebaliknya. Pendidikan di Indonesia masih jauh dari kata layak. Dari sudut pandang mereka, masih banyak anak-anak yang tidak mendapatkan pendidikan sebagaimana mestinya. Mereka adalah anak-anak dari keluarga miskin, jangankan untuk sekolah, untuk makan sehari-hari saja mereka kesulitan.

Kesimpulan

Kenyataan pahit ini masih bisa ditemukan secara merata di wilayah Indonesia. Hal ini menjadi bukti bahwa pendidikan di Indonesia masih belum merata. Kualitas terbaiknya hanya ada di kota besar saja, namun bagi mereka yang “dibawah”, rasanya masih harus diberi jempol terbalik. Pemerintah harus lebih serius menangani hal ini agar kualitas pendidikan bisa dirasakan secara merata di seluruh penjuru Indonesia.

7. Contoh Teks Diskusi tentang Olahraga

Isu

Berlari atau jogging secara rutin dan konsisten merupakan wujud olahraga/latihan yang sedang digemari saat ini. Seperti setiap wujud olahraga lainnya, jogging juga menjanjikan keunggulan dan resikonya sendiri.

Argumen Mendukung

Lari atau jogging merupakan wujud olahraga yang sangat sederhana untuk dilakukan secara konsisten dan rutin. Tidak memerlukan banyak perlengkapan/peralatan. Selama Anda punya sepasang sepatu dan waktu kosong, Anda bisa berlari/jogging.

Di samping itu, tidak seperti wujud olahraga lainnya yang memerlukan lapangan/tempat khusus, jogging bisa dilakukan dimana saja, walaupun memang ada tempat khusus untuk itu (taman jogging). Dengan begitu, akan semakin mudah bagi Anda untuk menekuni wujud olahraga ini.

Argumen Menentang

Banyak orang menekuni lari/jogging untuk melangsingkan badan. Padahal, ini bukanlah wujud olahraga yang efektif dalam mencapai tujuan ini. Memang terasa refreshing dan menyegarkan, tapi bila tujuan Anda melangsingkan badan, lari/jogging bukanlah pilihan yang tepat.

Jogging secara konsisten dan rutin memang akan menurunkan berat badan Anda di permulaan. Namun, hal ini dibarengi penyusutan massa otot, yang justru memicu penimbunan lemak dan kenaikan berat badan.

Kesimpulan

Lari dan jogging merupakan salah satu olahraga yang mudah dilakukan saat ini. Namun, olahraga tersebut jika dilakukan terlalu sering maka akan mengganggu kesehatan kamu. Untuk itu olahraga lari atau jogging dilakukan seminggu 2-3 kali saja. Jangan melakukan jogging atau lari setiap hari, karena akan mempengaruhi kesehatan.

8. Contoh Teks Diskusi tentang Gadget 

Isu

Gadget adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mempermudah manusia dalam urusan komunikasi.

Tidak hanya komunikasi saja, Smartphone juga digunakan untuk membantu keperluan manusia lainnya. Hampir setiap orang memiliki HP, termasuk anak kecil sekalipun.

Argumen Mendukung

Pihak yang mendukung atau pihak yang pro terhadap pemberian HP kepada anak-anak menganggap bahwa dengan adanya alat komunikasi ini, orang tua menjadi lebih mudah dalam memantau dan mengawasi kondisi anaknya kapanpun dan dimanapun. Selain itu juga, dengan adanya HP atau Smartphone membuat anak lebih mudah mengakses informasi-informasi yang mereka butuhkan dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah.

Argumen Menentang

Sedangkan pihak yang kontra atau pihak yang menentang pemberian HP untuk anak-anak beralasan bahwa anak-anak belum saatnya untuk diberikan teknologi yang canggih ini. Hal ini disebabkan karena tidak semua informasi-informasi di internet itu baik, banyak pula konten berbahaya yang tidak boleh diakses oleh anak-anak. Selain itu, dengan memberikan HP kepada anak-anak membuat ia menjadi pribadi yang pasif dan susah bergaul dengan lingkungan sekitar karena ia lebih asyik bermain game di hpnya.

Kesimpulan

bahwa pemberian hp untuk anak-anak sebenarnya tidak wajib. Namun, jika memang sangat diperlukan, orang tua harus memberikan pengawasan ketat kepada anaknya. Orang tua harus mengetahui apa saja yang diakses oleh anaknya dan selalu mengingatkan akan hal baik yang boleh diakses dan hal buruk yang tidak boleh diakses agar tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.

Nah, itulah 7+ contoh teks diskusi singkat, pengertian, ciri-ciri, beserta strukturnya. Semoga membantu!

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements
Gambar Gravatar
Haloo! Perkenalkan saya irvando, ijinkan saya untuk menulis artikel yang bermanfaat untuk kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.