Contoh Penggunaan Huruf Kapital

Contoh Penggunaan Huruf KapitalHuruf kapital dipakai untuk tuliskan judul buku, cerita, artikel, majalah, terkecuali kata pekerjaan yang tidak berada di awalnya kalimat. Misalnya: Saya menulis narasi dengan judul Berlibur ke Daerah Halaman. Saya barusan membaca buku dengan judul Laskar Pelangi.

Contoh Penggunaan Huruf Kapital

Contoh Penggunaan Huruf Kapital yang Benar
Gambar Contoh Penggunaan Huruf Kapital yang Benar

Penggunaan Huruf Kapital pada Awal Kalimat

Huruf kapital digunakan pada awal kalimat. Contohnya: Hari ini aku makan nasi dengan sayur dan ayam goreng.

Contoh Penggunaan Huruf Kapital untuk Nama Orang dan Julukan

  1. Huruf kapital digunakan untuk menuliskan huruf awal nama orang. Contohnya: Soekarno, Mohammad Hatta
  2. Huruf kapital digunakan untuk menuliskan nama julukan untuk seseorang. Contohnya: Bapak Proklamator
  3. Huruf kapital enggak perlu digunakan untuk nama jenis atau satuan ukuran. Contonya: burung gagak, 1 kilogram.
  4. Huruf kapital juga enggak perlu digunakan untuk huruf pertama yang bermakna “anak dari” dan huruf pertama kata tugas. Contohnya: Haikal Fajar bin Haris Sulistyo.

Contoh Penggunaan Huruf Kapital untuk Petikan Langsun

Awal kalimat petikan langsung perlu ditulis dengan huruf kapital. Contohnya: “Apakah hari ini akan hujan?”, tanya adikku. Sebelum berangkat kerja Ayah selalu berpesan, “Jaga diri dan jangan lupa makan, ya!” 

Contoh Penggunaan Huruf Kapital untuk Nama Agama

Huruf kapital perlu digunakan untuk menulis nama agama, kitab suci, Tuhan, dan sebutan kata ganti untuk Tuhan. Contohnya: Setiap hari siswa beragama Islam membaca Alquran, sementara siswa Kristen membaca Alkitab. Tuhan akan senantiasa melindungi hamba-Nya.

Contoh Penggunaan Huruf Kapital untuk Gelar

  1. Huruf pertama unsur nama gelar kehormatan, keturunan, keagamaan, atau akademik yang diikuti nama orang perlu ditulis dengan huruf kapital. Contohnya: Raden Ajeng Kartini
  2. Huruf kapital digunakan untuk menuliskan gelar akademik yang mengikuti nama orang. Contohnya: Ahmad, Sarjana Pendidikan
  3. Huruf kapital juga digunakan untuk menuliskan huruf pertama unsur nama gelar kehormatan, keturunan, keagamaan, profesi, serta nama jabatan dan kepangkatan yang dipakai sebagai sapaan. Contohnya: Selamat siang, Pak Lurah!

Contoh Penggunaan Huruf Kapital untuk Jabatan

Huruf kapital digunakan untuk menuliskan nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi, atau nama tempat. Contohnya: Presiden Soekarno.

Contoh Penggunaan Huruf Kapital untuk Nama Bangsa

  1. Huruf kapital digunakan untuk menuliskan nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa. Contohnya: Salah satu suku yang ada di Indonesia adalah suku Sasak. Bahasa yang digunakan sehari-hari di Jawa Barat adalah bahasa Sunda.
  2. Huruf kapital enggak perlu digunakan untuk menuliskan nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa yang dipakai sebagai bentuk dasar kata turunan. Contohnya: kejawa-jawaan, keinggris-inggrisan.

Contoh Penggunaan Huruf Kapital untuk Nama Tahun, Bulan, Hari

Huruf kapital digunakan untuk menuliskan awal nama tahun, bulan, hari, dan hari besar. Contohnya: Menurut perkiraan, Candi Borobudur sudah dibangun sejak tahun 800 Masehi. Hari ini, umat Hindu melaksanakan Nyepi.

Contoh Penggunaan Huruf Kapital untuk Peristiwa Sejarah

Huruf kapital digunakan untuk menuliskan awal nama peristiwa sejarah. Contohnya: Perang Dunia I, Bandung Lautan Api.

Contoh Penggunaan Huruf Kapital untuk Nama Geografi

  1. Huruf kapital digunakan untuk menuliskan nama geografi atau nama tempat. Contohnya: Provinsi Yogyakarta.
  2. Huruf kapital enggak perlu digunakan untuk menuliskan nama geografi yang dipakai untuk nama jenis. Contohnya: kunci inggris, terung belanda.

Contoh Penggunaan Huruf Kapital untuk Nama Negara, Lembaga, Dokumen

Huruf kapital digunakan untuk menuliskan huruf pertama semua kata dalam nama negara, lembaga, badan, organisasi atau dokumen, kecuali kata tugas (dari, ke, di, dan, yang, untuk). Contohnya: Republik Indonesi, Organisasi Kesehatan Dunia, Undang-Undang Dasar

Contoh Penggunaan Huruf Kapital untuk Judul

Huruf kapital digunakan untuk menuliskan judul buku, karangan, artikel, majalah, kecuali kata tugas yang enggak ada di awal kalimat. Contohnya: Aku menulis cerita berjudul Liburan ke Kampung Halaman. Aku baru saja membaca buku berjudul Laskar Pelangi.

Contoh Penggunaan Huruf Kapital untuk Singkatan Gelar

Huruf kapital digunakan untuk menuliskan huruf pertama singkatan nama gelar, pangkat, atau sapaan. Contohnya: S.S (sarjana sastra), Sdr. (saudara)

Contoh Penggunaan Huruf Kapital untuk Sapaan Kekerabatan

  • Huruf kapital digunakan untuk menuliskan kata penunjuk hubungan kekerabatan (bapak, ibu, kakak, adik, paman, bibi), serta kata atau ungkapan yang digunakan untuk menyapa. Contohnya: Pagi tadi Pak Lurah datang ke rumah. Aku memiliki teman yang biasa dipanggil Kutu Buku.
  • Huruf kapital enggak perlu digunakan untuk istilah kekerabatan yang bukan kata sapaan. Contohnya: Sepupuku memiliki seorang adik yang sangat manis.
  • Huruf kapital digunakan untuk menuliskan kata ganti Anda. Contohnya: Apakah ini kali pertama Anda datang ke sini?

Itu adalah pembahasan lengkap mengenai Contoh Penggunaan Huruf Kapital yang sudah kamu baca diatas, semoga informasi ini menjadi manfaat dan berkah buat kalian yang sedang mencari informasi ini. Jangan lupa bagikan dan berikan komentar dibawah ini yaa. Terimakasih!

#kalimat yang tidak dimuat di artikel ini:

benar, tanda, soal, koma, dua, teks, baca, tiga, deskripsi, pemakaian, kesalahan, titik, miring, jawabannya, sebutkan, penulisan, terdapat, kurang, ganda, pilihan, tentang, aturan, carilah, jelaskan, sederhana, makalah, sd, kelas, alasannya, wish, berikan, dan, berilah menggunakan, lima, pangkat, jabatan, mengawali, depan, inggris, apa, artikel, hope, kalimatnya, apa, bagaimana, kecuali, arah, pembahasan, puebi, kota, kaidah, minimal, beri, ebi, sesuai, alasan, atau, baik, qamariah, qadarullah.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements
Gambar Gravatar
Haloo! Perkenalkan saya irvando, ijinkan saya untuk menulis artikel yang bermanfaat untuk kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.