Cara Menentukan Kalimat Utama

Cara Menentukan Kalimat Utama – 1. Baca kalimat pertama dan kalimat terakhir dalam paragraf. 2. Tentukan ide pokok atau gagasan utama dari kalimat tersebut 3. Kalimat yang mengandung ide pokok merupakan kalimat utama

Cara Menentukan Kalimat Utama

Pengertian Kalimat Utama

Kalimat utama adalah sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat gagasan utama, gagasan pokok, ide pokok, pikiran pokok, ataupun ide utama, pada suatu paragraf.

Keberadaan kalimat utama pada suatu paragraf sangat penting karena menjadi kerangka dasar dalam pengembangan paragraf.

Selain itu, karena kalimat utama mengandung keseluruhan isi pargaraf, jika pada suatu paragraf tidak terdapat kalimat utama, paragraf tersebut dapat dikatakan tidak mempunyai isi atau disebut dengan paragraf yang tidak padu.

Kalimat utama disebut juga dengan kalimat topik, yang berarti kalimat yang dijadikan acuan dalam pengembangan paragraf.

Hal ini disebabkan kalimat utama dapat dimaknai sebagai kalimat pemicu, yaitu kalimat yang menyebabkan kalimat-kalimat lain. Di samping itu, berdasarkan letaknya, kalimat utama dapat berada baik di awaldi tengahdi akhir, maupun campuran, yaitu di awal dan di akhir.

Secara sederhana adalah bagaimana menemukan kalimat utama dalam sebuah paragraf adalah dengan membaca kalimat pertama dan kalimat terakhir. Temukan tuliskan menggunakan eyd yang benar.

Cara Menentukan Kalimat Utama

Terdapat tahapan langkah dalam menentukan kalimat utama, antara lain.

  1. Kalimat utama dapat dipastikan berada d awal jika kalimat selanjutnya terdapat kata hal inihal tersebut… ini… itu, dsb. Kata-kata tersebut menegaskan bahwa kalimat sebelumnya adalah acuan terhadap persoalan yang dibahas oleh keseluruhan teks.
  2. Perhatikan apa atau siapa yang dirujuk oleh kalimat-kalimat penjelas. Misalnya, kalimat-kalimat penjelas menjelaskan kegiatan merokok dari aspek ekonomi. Dengan begitu, kalimat utamanya adalah kalimat yang bermakna pernyataan umum bahwa merokok mempunyai hubungan erat dengan aspek ekonomi, contoh kalimatnya, “merokok adalah aktivitas buruk yang mahal.”
  3. Baca kalimat pertama dan kalimat terakhir dalam paragraf
  4. Tentukan ide pokok atau gagasan utama dari kalimat tersebut
  5. Kalimat yang mengandung ide pokok merupakan kalimat utama

Contoh Kalimat Utama

1. Kalimat Utama Berada di Awal (Deduktif)

Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal misalnya sebagai berikut.

Virus korona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau yang disebut dengan COVID-19 adalah salah satu virus mematikan yang menyerang sistem pernapasan. Begitu mematikannya, virus ini menyerang manusia pada berbagai kalangan, mulai dari balita, remaja, orang dewasa, hingga lansia. Selain itu, virus ini juga dapat menimbulkan infeksi saluran pernapasan, seperti pneumonia. Terlebih, penyebaran virus ini sangat cepat sehingga pada tanggal 11 Maret 2020 WHO resmi menetapkan bahwa virus korona sebagai pandemi global.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah  “Virus korona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau yang disebut dengan COVID-19 adalah salah satu virus mematikan yang menyerang sistem pernapasan,” dengan gagasan utamanya adalah virus korona merupakan virus yang mematikan yang menyerang sistem pernapasan.

2. Kalimat Utama Berada di Akhir (Induktif)

Paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir misalnya sebagai berikut.

Gim online multiplayer handheld memungkinkan para penggunanya bermain gim bersama-sama kapanpun dan di manapun tempatnya. Selain itu, berbagai produk gim yang casual  membuat para pemain merasa nyaman dan ingin bermain gim dalam waktu yang tak sebentar. Oleh karena itu, Gim online multiplayer handheld menjadi favorit nomor satu para penikmat gim portable di seluruh dunia.

Kalimat utamanya adalah “Oleh karena itu, Gim online multiplayer handheld menjadi favorit nomor satu para penikmat gim portable di seluruh dunia.”

Gagasan utamanya adalah “ Gim online multiplayer handheld menjadi favorit nomor satu para penikmat gim portable di seluruh dunia.”

3. Kalimat Utama Berada di Awal dan di Akhir (Campuran)

Pemakaian masker dan penaatan protokol kesehatan pada era pandemi menjadi prioritas utama. Penyeberan virus korona yang makin hari makin memprihatinkan membuat kita harus makin waspada. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk memakai masker dan menaati protokol kesehatan.

Kalimat utamanya adalah “Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk memakai masker dan menaati protokol kesehatan.” Gagasan utamanya adalah “Pemakaian masker dan penataan protokol kesehatan adalah hal yang terpenting.”

Itulah pengertian dan cara menentukan kalimat utama dalam sebuah paragraf. Semoga bisa membantu untuk lebih mudah memahami dan menemukan kalimat utama dalam sebuah paragraf melalui artikel ini.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements
Gambar Gravatar
Haloo! Perkenalkan saya irvando, ijinkan saya untuk menulis artikel yang bermanfaat untuk kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.